Penulis Utama : Azmil Fikri Abdil Haq
NIM / NIP : C1013012
×

ABSTRAK

Azmil Fikri Abdil Haq NIM C1013012 2017 “Perancangan Kamus Saku Register Haji dan Umrah Berbasis Korpus Menggunakan Aplikasi Lexique Pro” Skripsi Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini bertujuan merancang sebuah kamus saku yang berisikan kosakata register haji dan umrah dengan metode korpus data. Data diambil dari buku “Tuntunan Manasik Haji dan Umrah” milik Kemenag Indonesia dan buku “Dal?l Al-H?jj Wal-Mu‘Tamir” karya Tholal bin Ahmad Al-Aqil yang diterbitkan oleh Kementerian Urusan Agama dari Kerajaan Saudi Arabia.
Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar teknik sadap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan translasional dengan teknik hubung banding menyamakan hal pokok dan teknik lanjutan teknik pilah unsur penentu. Daya pilah yang digunakan ialah daya pilah translasional.
Hasil penelitian ini menunjukkan tentang pengembangan korpus kosakata register haji dan umrah berserta pengaplikasiannya dalam bentuk perancangan kamus saku dwibahasa (Arab-Indonesia). Pengembangan korpus kosakata register haji dan umrah memiliki beberapa tahapan. Yaitu, pertama pengolahan objek data dengan beberapa proses yaitu: pengalihan teks, pengoperasian AntConc, penghitungan jumlah dan frekuensi kosakata. Kedua, penyepadanan kosakaata berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ketiga, analisis pola serapan kamus saku register haji dan umrah. Keempat, klasifikasi waktu beserta frekuensi kosakata register haji dan umrah dalam Leipzig Corpora. Perancangan kamus saku register haji dan umrah menggunakan aplikasi Lexique Pro yang ditampilkan dalam versi media cetak.

×
Penulis Utama : Azmil Fikri Abdil Haq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1013012
Tahun : 2018
Judul : Perancangan Kamus Saku Register Haji Dan Umrah Berbasis Korpus Menggunakan Aplikasi Lexique Pro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Ilmu Budaya-C1013012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Ridwan, S.S., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.