Penulis Utama : Alifia Dian Septi Astuti
NIM / NIP : K2314002
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis model Discovery Learning dalam pembelajaran remediasi untuk membantu mencapai ketuntasan belajar aspek kognitif siswa pada materi Suhu Kalor dan Perpindahan Kalor kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Surakarta.
Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Surakarta semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, pre-test dan post-test. Validasi data menggunakan teknik validasi instrumen yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya pembeda, uji validitas dan uji reliabilitas soal. Teknik analisis data dengan uji-t pada taraf signifikasi 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Siswa yang mencapai KKM pada saat pre-test sebesar 10 %. Setelah dilakukan pembelajaran remediasi dengan model Discovery Learning, siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada saat post-test menjadi 90 %. Dari analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5 %, thitung > ttabel = 6,15 > 1,685.

Kata Kunci : Remediasi Pembelajaran, Discovery Learning, Kognitif

×
Penulis Utama : Alifia Dian Septi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314002
Tahun : 2019
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Model Discovery Learning untuk Mencapai Ketuntasan Aspek Kognitif Siswa pada Materi Suhu Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2314002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.