Penulis Utama : Juvita Oktaviyani
NIM / NIP : K7116090
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe take and give pada peserta didik kelas V SD Negeri Tegalrejo No.98 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan  2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri Tegalrejo No.98 tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sebanyak 30 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi.

Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles-Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas V sebelum tindakan menunjukkan persentase sebesar 36,67% secara klasikal. Pada siklus 1 yang diawali dengan pertemuan 1 persentase sebesar 48,27% dan pertemuan 2 sebesar 57,14% secara klasikal. Pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu pertemuan 1 persentase sebesar 71,42% dan pertemuan 2 sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi pada pembelajaran IPS.

Kata Kunci: keterampilan berkomunikasi, model pembelajaran kooperatif tipe take and give, pembelajaran IPS

 

×
Penulis Utama : Juvita Oktaviyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116090
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalrejo No.98 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116090-2020
Kata Kunci : keterampilan berkomunikasi, model pembelajaran kooperatif tipe take and give, pembelajaran IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
2. Hadiyah S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.