Penulis Utama : Huda
NIM / NIP : K2315033
×

Penelitian ini bertujuan untuk Menyusun modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi untuk siswa SMA yang memiliki kriteria baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung data kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan.
Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah define, design dan develop. Tahap define (pendefinisian) terdiri dari analisis tugas, analisis siswa, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran.  tahap design (perancangan) terdiri dari penyusunan tes acuan, pemilihan media yang sesuai tujuan dan pemilihan format modul. Tahap yang terakhir yaitu tahap develop (pengembangan) yang terdiri dari validasi modul dan uji coba modul. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah  angket dan instrumen. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validator yang terdiri dari dua dosen ahli, dua teman sejawat dan 12 siswa pada uji coba awal serta 30 siswa pada uji coba utama yang berasal dari tiga sekolah berbeda. Teknik analisis data kulatitatif yang digunakan yaitu model interaktif Miles dan Huberman. Sementara itu, data kuantitatif dianalisis menggunakan penilaian penskoran standar dari Saifudin Azwar.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa penyusunan modul dimulai dari tahap define, kemudian dibuat rancangan modul yang meliputi tujuan, gambar dan ilustrasi, contoh soal, rangkuman latihan soal dan uji kompetensi. Setelah penyusunan modul selesai, dilakukan validasi dan revisi berdasarkan saran dari validator maupun siswa. Uji coba siswa terdiri dari uji coba awal dan uji coba utama. Berdasarkan saran selama uji coba, modul diperbaiki hingga dihasilkan modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi untuk siswa SMA. Berdasarkan penilaian validator dan responden/siswa, modul pembelajaran tersebut memiliki kriteria baik.

Kata kunci : Modul, Pendekatan Saintifik, Usaha dan Energi

 

×
Penulis Utama : Huda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315033
Tahun : 2020
Judul : Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Materi Usaha dan Energi Bagi Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Fisika - K2315033-2020
Kata Kunci : Modul, Pendekatan Saintifik, Usaha dan Energi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd.
2. Ahmad Fauzi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.