Penulis Utama : Muhammad Yusro
NIM / NIP : K3312048
×

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan keterampilan generik sains siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dilengkapi Drill and Practice dalam kegiatan pembelajaran materi stoikiometri, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dilengkapi Drill and Practice dalam kegiatan pembelajaran materi stoikiometri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dokumen, angket penilaian diri dan tes. Analisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaplikasian model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dilengkapi Drill and Practice dapat meningkatkan: (1) keterampilan generik sains pada materi stoikiometri. Hal tersebut terlihat pada kenaikan prasiklus sebesar 48,38 menjadi 78% pada siklus I (2) Prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri (aspek pengetahuan 45,45% pada siklus I dan meningkat menjadi 75,75% pada siklus II, aspek sikap ketercapaian siswa yaitu 100%, sedangkan pada aspek keterampilan juga telah mencapai ketercapaian maksimum yaitu 100%).
Kata Kunci: Learning Together (LT), Drill and Practice, Keterampilan Generik Sains, Prestasi Belajar, Stoikiometri.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Yusro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312048
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Learning Together dilengkapi Drill And Practice untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Generik Sains pada Materi Stoikiometri Kelas X MIA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prodi.Pendidikan Kimia - K3312048-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.