Penulis Utama : Pricilia Suci Wulan Sari
NIM / NIP : F0216077
×

ABSTRAK


    Reksa dana merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang akan diinvestasikan ke dalam portofolio efek. Terdapat dua basis operasional reksa dana, yaitu konvensional dan syariah. Reksa dana syariah memiliki ketentuan-ketentuan syariah di dalamnya yang tdak dilakukan pada reksa dana konvensional. Reksa dana syariah menjadi solusi bagi masyarakat yang lebih mengedepankan prinsip syariah sehingga bisa berinvestasi melalui reksa dana.
    Tujuan, dari penelitian, ini adalah untuk, mengetahui perbedaan’ antara return, risiko,‘dan kinerja dari reksa,dana basis konvensional’dan syariah. Sampel dari penelitian ini, adalah reksa,,dana saham dan reksa,dana pendapatan tetap pada masing-masing basis konvensional dan syariah periode 2015-2019. Pengambilan isampel, menggunakani teknik ipurposive sampling dengan mengambili 10 reksa dana per jenisnya dari basis konvensional dan basis syariah.
    Hasil pada penelitiani ini menunjukkan ibahwa itidak iterdapat iperbedaan yang signifikani pada tingkatureturn, tingkat risiko, dan kinerja antarai reksa dana basis konvensionali dani reksai danai basis isyariah pada jenis reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap. Perbedaan yang dimiliki antara basis konvensional dan syariah memiliki nilai yang kecil sehingga tidak signifikan perbedaannya. Hal ini membuktikan bahwa antara reksa dana konvensional dan reksa dana syariah memiliki kinerja yang hampir seimbang dan tidak ada yang saling mengungguli.

Kata kunci : komparasi, kinerja, reksa dana konvensional, reksa dana syariah.

 

×
Penulis Utama : Pricilia Suci Wulan Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0216077
Tahun : 2020
Judul : Komparasi Kinerja Reksa Dana Basis Konvensional dan Syariah di Indonesia Periode 2015-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2020
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Manajemen - F0216077 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, S.E., M.S.M.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.