Penulis Utama : Winarsih
NIM / NIP : C0915044
×

Abstrak

Batik Kapal Kandas merupakan salah satu batik kuno khas Kudus yang masih berkembang hingga saat ini dan mengalami proses inovasi yang dilakukan oleh para perajin di Kudus. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Faktor apa saja yang mendorong terjadinya inovasi batik Kapal Kandas di Kudus? 3) Bagaimana bentuk inovasi yang terjadi pada batik Kapal Kandas di Kudus tahun 2009-2019?  
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan antropologi melalui konsep inovasi dalam dinamik sosial dari Koentjaraningrat.  Lokasi penelitian dilakukan di kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Penelitian terfokus pada analisis faktor yang mendorong terjadinya inovasi batik Kapal Kandas di Kudus yang berasal dari perajin maupun hal di luar perajin, serta menganalisis bentuk inovasi yang terjadi pada batik Kapal Kandas di Kudus tahun 2009-2019 dengan melihat dari beberapa aspek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terjadinya inovasi batik Kapal Kandas di Kudus didorong oleh beberapa faktor, yaitu faktor kesadaran perajin akan kekurangan batik Kapal Kandas, faktor kualitas perajin dalam membatik, dan faktor adanya dorongan dari luar kepada para perajin. 2) Bentuk inovasi yang terjadi pada batik Kapal Kandas tahun 2009-2019 meliputi beberapa aspek diantaranya teknik pembuatan, pola batik, penggolongan motif, komposisi batik, warna batik, dan fungsi batik.

Kata Kunci : Batik Kudus, Kapal Kandas, Inovasi

×
Penulis Utama : Winarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0915044
Tahun : 2019
Judul : Kajian Inovasi Batik Kapal Kandas di Kudus Tahun 2009-2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C0915044-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.