Penulis Utama : Deasy Natalia
NIM / NIP : C0915014
×

Abstrak

Sambas merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Barat yang masih memproduksi tekstil tradisi yaitu Tenun Songket Sambas. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana latar belakang budaya Tenun Songket Sambas? (2) bagaimana mengkaji makna dari representasi visual Tenun Songket Sambas dengan pendekatan antropologi interpretatif?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi interpretatif. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Pontianak dan Kecamatan Sambas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tenun Songket Sambas dengan Motif Pucuk Rebung, Sisik Ikan, Kote Mesir, Ragam Banji, dan Cina Putar. Sumber data dalam penelitian ini adalah para informan, sumber tertulis, benda atau artefak, serta tempat dan peristiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Latar belakang budaya Tenun Songket Sambas dipengaruhi oleh sejarah dan kebudayaan Sambas khususnya masyarakat Suku Dayak, Melayu, dan Cina yang mengacu pada 7 unsur kebudayaan menunjukkan pengaruh yang saling berkaitan dimana Tenun Songket Sambas telah mengalami perkembangan baik dari segi bahan, motif dan juga proses pengerjaan tenun tersebut. Tidak terdapat motif larangan layaknya tenun tradisi di daerah lain, semua motif yang terdapat pada Tenun Songket Sambas dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. (2) Penguraian makna dari representasi visual Tenun Songket Sambas dengan pendekatan antropologi interpretatif pada Motif Pucuk Rebung, Sisik Ikan, Kote Mesir, Ragam Banji, dan Cina Putar menggunakan pendekatan antropologi interpretatif dimana ditemukan bahwa motif-motif yang tercipta sebagian besar merupakan representasi penenun terhadap kehidupan sehari-hari yang mereka jalani sehingga makna-makna yang terkandung di dalam motif Tenun Songket Sambas memiliki kandungan makna tentang kehidupan seperti unsur religi, sejarah Sambas dan siklus hidup manusia.

Kata Kunci : Kebudayaan Sambas, Tenun Songket Kalimantan, Tenun Songket Sambas, Makna Tenun Songket Sambas

×
Penulis Utama : Deasy Natalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0915014
Tahun : 2019
Judul : Kajian Tenun Songket Sambas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C0915014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan, S.Sn., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.