Penulis Utama : Retno Rahayu Slamet
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415049
Tahun : 2020
Judul : Kebutuhan Informasi Petani terhadap Informasi Standar Indikasi Geografis dan Pemasaran Kopi Arabika Java Sindoro-Sumbing
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0415049-2020
Subyek : PETANI, INDIKASI GEOGRAFIS, PEMASARAN, KOPI ARABIKA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :


Kebutuhan informasi merupakan suatu keadaan yang terjadi dalam struktur kognisi seseorang yang dirasakan ada kekosongan informasi sebagai akibat yang dikerjakan atau untuk memenuhi rasa ingin tahu. Kekurangan tersebut perlu dipenuhi dengan informasi baru yang sesuai dengan kebutuhannya. Kebutuhan informasi Kebutuhan informasi petani Standar Indikasi Geografis Kopi Arabika Java Sindoro-Sumbing meliputi standar produksi, standar panen dan pasca panen serta pemasaran Kopi Arabika Java Sindoro-Sumbing.

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan informasi petani dalam informasi standar indikasi geografis dan informasi pemasaran Kopi Arabika Java Sindoro-Sumbing, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan informasi, dan menganalisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan informasi standar indikasi geografis dan informasi pemasaran Kopi Arabika Java Sindoro-Sumbing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian di Kecamatan Kledung dan populasi yang dipilih yaitu petani kopi arabika. Teknik penentuan sampel secara proportional  random sampling, dengan  jumlah  sampel sebanyak 60 petani. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pengujian korelasi menggunakan analisis rank spearman dengan menggunakan IBM SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan informasi total termasuk dalam kategori sangat membutuhkan. Kebutuhan informasi petani dalam standar produksi, standar panen dan pasca panen serta pemasaran Kopi Arabika Java Sindoro-Sumbing termasuk dalam kategori sangat membutuhkan. Terdapat lima faktor yang memoengaruhi kebutuhan informasi yaitu usia, pekerjaan, tempat tinggal, pendidikan terakhir dan kemampuan mengakses informasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi petani berupa usia, pekerjaan dan kemampuan mengakses informasi termasuk dalam kategori tinggi. Tempat tinggal termasuk dalam kategori dekat dan pendidikan terakhir termasuk dalam kategori rendah. Uji rank spearman menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan signifikan dengan kebutuhan informasi adalah pekerjaan dan tempat tinggal. Faktor-faktor yang berhubungan tidak signifikan adalah usia, pekerjaan dan kemampuan mengakses informasi.

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arip Wijianto, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian