Penulis Utama : Alf I Nur Jannah
NIM / NIP : K1215005
×

ABSTRAK

Alfi Nur Jannah.  K1215005.  PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA RUBRIK ESAI MEDIA ONLINE MOJOK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS ARTIKEL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, September 2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesatuan struktur esai; (2) pengorganisasian bahasa terkait kohesi dan koherensi; (3) efektivitas kalimat; (4) ketepatan penggunaan diksi; (5) ketepatan penggunaan ejaan; (6) relevansi penggunaan bahasa Indonesia pada media online Mojok dan terhadap pembelajaran menulis artikel di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut; (1) Struktur esai baik judul, pendahuluan, isi dan penutup telah memiliki kesatuan yang baik; (2) Pengorganisasian bahasa terkait kohesi dan koherensi ditandai dengan kohesi gramatikal, kohesi leksikal, dan penanda konjungsi di mana penanda kohesi leksikal menjadi penanda yang paling banyak digunakan oleh penulis esai; (3) Efektivitas kalimat ditunjukkan dengan tiga struktur yaitu struktur kalimat umum, struktur kalimat paralel, dan struktur kalimat periodik yang memenuhi syarat kesatuan, kehematan, penekanan, dan variasi di mana struktur kalimat periodik adalah struktur kalimat yang dominan dipakai di dalam esai; (4) Ketepatan penggunaan diksi terbagi dalam kata khusus, kata umum, perluasan arti, penyempitan arti, ameliorasi, peyorasi, metafora, dan metonimi di mana kata khusus dan kata umum merupakan jenis diksi yang paling banyak digunakan penulis esai; (5) Ketepatan penggunaan ejaan yang meliputi pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca telah sesuai dengan PUEBI, khususnya pemakaian huruf kapital dan penggunaan tanda titik; (6) Penggunaan bahasa Indonesia pada rubrik Esai media online Mojok relevan dengan pembelajaran menulis artikel di sekolah menengah atas.

Kata kunci : penggunaan bahasa Indonesia, esai, pembelajaran menulis artikel.

×
Penulis Utama : Alf I Nur Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215005
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan bahasa indonesia pada rubrik esai Media online mojok dan relevansinya terhadap pembelajaran menulis artikel di sekolah menengah atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Bahasa Indonesia-K1215005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.