Penulis Utama : Evan Budiargo
NIM / NIP : K5412030
×


ABSTRAK
Evan Budiargo, K5412030. PENERAPAN PERTANIAN PADI ORGANIK DI KECAMATAN JOGOROGO KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019 (Sebagai Materi Ajar Geografi Kelas XII Pada KD 4.2 Menyajikan Contoh Hasil Analisis Penerapan Dasar-dasar Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Kehidupan Sehari-hari). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2019.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: Penerapan Pertanian Padi Organik, produktivitas setiap panen dan persepsi masyarakat di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Implementasi hasil penelitian untuk suplemen materi pembelajaran SMA kelas XII kurikulum 2013.
Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh petani di Kecamatan Jogorogo dan pemerintah Kecamatan Jogorogo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan triangulasi sumber data. Analisa data penerapan pertanian padi organik, produktivitas, dan presepsi diperoleh dari hasil wawancara dan ploting menggunakan GPS. Penentu Penerapan dan presepsi masyarakat yang paling berpengaruh adalah kebijakan pemerintah. Hasil penelitian diimplementasikan sebagai suplemen pembelajaran geografi kelas XII SMA semester ganjil kurikulum 2013.
Hasil Penelitian ini adalah (1) penerapan pertanian padi organik di Kecamatan Jogorogo terdapat di 2 desa dari ke 12 desa: Desa Kletekan dan Desa Ngrayudan dengan luasan 5 Ha dan 4 Ha. (2) Produktivitas padi pada panen juni dengan lahan  2.317 Ha pada pertanian anorganik menghasilkan 11.540 ton padi sedangkan pada pertanian organik luas lahan 9 Ha menghasilkan 37,35 ton. Selisih harga antara padi organik dan padi anorganik Rp. 1000,00. Keuntungan pada 1 Ha padi organik dan anoganik, lebih menguntungkan padi anorganik dengan selisih Rp. 560.000,00.  (3) Presepsi Masyarakat yang negatif dengan kebijakan pemerintah akan program pertanian berkelanjutan karena tidak adanya kerja sama yang jelas terutama saat pemerintah sudah selesai dengan programnya. Mereka begitu saja meninggalkan petani tanpa bimbingan dalam  metode pemasaran padi organik dan sertifikat Padi Organik. (4) Hasil Penelitian digunakan sebagai suplemen pembelajaran geografi kelas XII SMA Kurikulum 2013.

Kata Kunci: Pertanian, Padi Organik, Sawah Organik.
 

 

×
Penulis Utama : Evan Budiargo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412030
Tahun : 2019
Judul : PENERAPAN PERTANIAN PADI ORGANIK DI KECAMATAN JOGOROGO KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Pendidikan Geografi-K5412030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad M.Si
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.