Penulis Utama : Lusiana Putri Setyowati
NIM / NIP : I0315055
×


ABSTRAK

Lusiana Putri Setyowati, NIM : I 0315055. ANALISIS HUMAN ERROR MENGGUNAKAN METODE SHERPA PADA PELAKSANAAN COLON IN LOOP DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD KARANGANYAR. Skripsi. Surakarta : Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, September 2019.

Tujuan dari akreditasi rumah sakit adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dan melindungi keselamatan pasien. Salah satu cara untuk mewujudkan tujuan tersebut yaitu dengan melakukan manajemen risiko yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan mengurangi cedera serta mengurangi risiko terhadap keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi potensi error dan dampak error pada pemeriksaan colon in loop pada instalasi radiologi RSUD Karanganyar serta memberikan usulan perbaikan untuk meminimalisir error tersebut sebagai bentuk dari manajemen risiko yang dapat dilakukan. Penelitian ini dilakukan melalui 2 tahapan yaitu identifikasi prosedur menggunakan Hierarchical Task Analysis (HTA) dan identifikasi human error menggunakan Systematic Human Error Reduction and Prediction Analysis (SHERPA). Pada penelitian ini ditemukan 51 tugas yang berpotensi terjadi human error dari total 108 tugas bottom level yang dilakukan radiografer untuk menyelesaikan pemeriksaan colon in loop. Dari ke 51 tugas yang berpotensi terjadi human error, didapatkan 2 tugas diantaranya memiliki konsekuensi dengan tingkat kekritisan tinggi, yaitu saat radiografer lupa memberikan informed consent kepada pasien dan saat radiografer lupa memakai film badge saat melakukan pemeriksaan. Penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan untuk mengurangi error yang ditimbulkan yaitu dengan memperbaiki SOP, membuat checklist, dan memberikan briefing kepada radiografer.

Kata kunci: human error, HTA, SHERPA, colon in loop

 

 

×
Penulis Utama : Lusiana Putri Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0315055
Tahun : 2019
Judul : ANALISIS HUMAN ERROR MENGGUNAKAN METODE SHERPA PADA PELAKSANAAN COLON IN LOOP DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Teknik, Jur Teknik Industri-I 0315055-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irwan Iftadi, S.T., M.Eng.,
2. Rahmaniyah Dwi Astuti, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.