Penulis Utama : Eka Putri Nurish Shofiana
NIM / NIP : F3616016
×

ABSTRAK

Banyaknya perusahaan asuransi jiwa yang ada di Indonesia menyebabkan persaingan yang cukup ketat dalam dunia perasuransian. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk menarik perhatian calon konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang diterapkan oleh AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta dalam meningkatkan jumlah pendapatan premi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah studi kasus yaitu mengambil suatu objek tertentu untuk dianalisa secara mendalam. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung pada petugas AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta. Data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian baik dari buku dan sumber lain.
    Dari penelitian yang dilakukan pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta dihasilkan bahwa strategi pemasaran yang diterapakn adalah STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Segementing memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Dalam  proses Targeting, penentuan target pasar ditentukan dengan cara menilai segmen pasar. Positioning adalah  membangun brand image di depan calon konsumen dibandingkan dengan pesaing. Dalam proses pemasarannya, AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta memiliki beberapa agen yang tersebar di beberapa kota. Pendapatan premi yang diperoleh oleh AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta mengalami peningkatan selama tahun 2016-2018.
    Saran berdasarkan penelitian ini agar AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta menambah persebaran agen di setiap kota dan meningkatkan kemampuan para agen dengan melakukan pelatihan-pelatihan marketing.

Kata kunci: Asuransi Jiwa, Strategi pemasaran, Pendapatan premi, AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta

×
Penulis Utama : Eka Putri Nurish Shofiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3616016
Tahun : 2019
Judul : Strategi Pemasaran AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Jiwa Korporasi Surakarta dalam Meningkatkan Pendapatan Premi Tahun 2016-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi Dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Ekonomi Dan Bisnis-Program Studi Diploma Keuangan dan Perbankan-F3616016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lely Ratwianingsih S.E., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.