Penulis Utama : Evie Hanavia
NIM / NIP : S351502016
×

ABSTRAK

 
Evie Hanavia.S351502016. Analisis Tindak  Pidana Pemalsuan Akta Autentik Tanpa Dihadiri Oleh Para Pihak. 2017. Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Tujuan penulisan hukum ini adalah menganalisa dasar pertimbangan hukum hakim dalam memutus perkara tindak pidana pemalsuan akta autentik yang dalam pembuatnya tanpa dihadiri oleh para pihak, serta menganalisa pertimbangan hukum hakim ditinjau dari perspektif tugas dan jabatan notaris.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif (normatif legal research) dengan menggunakan Pendekatan Peraturan Perundang- undangan (statute approach) dan Pendekatan Konsep (conceptual approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara pemalsuan akta autentik yang dibuat oleh notaris tanpa dihadiri oleh para pihak, Notaris melanggar Pasal 264 ayat (1) Ke-1 KUHP Tentang Pemalsuan Surat, hakim menggunakan dasar pertimbangan dititiberatkan pada pemasalahan tindak pidana pemalsuan akta autentik yang dibuat oleh Notaris, dasar pertimbangan hukum hakim ditinjau dari perspektif tugas dan jabatan Notaris bahwa Notaris juga  melanggar ketentuan yang diatur dalam Pasal 16 ayat 1 huruf m  dan Pasal 44 ayat (1) tentang penandatanganan yang tercantum pada UUJN, akta autentik yang dibuat oleh notaris harus ditandatangani oleh para pihak yang namanya tercantum pada minuta akta, penandatangan akta dilakukan setelah Notaris membacakan isi akta dan penandatangan akta tersebut harus dihadapan  Notaris yang berwenang membuat akta tersebut, maka akibat hukum yang terjadi terkait pelanggaran tersebut akta hanya memiliki kekuatan pembuktian dibawah tangan dan bukan lagi sebagai akta autentik.

Kata Kunci : Notaris, Akta Autentik, Saksi, Tindak Pidana
 
 
 

×
Penulis Utama : Evie Hanavia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351502016
Tahun : 2017
Judul : Analisis Tindak Pidana Pemalsuan Akta Autentik Tanpa Dihadiri oleh Para Pihak
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS PERTANIAN - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-FAKULTAS HUKUM Prog. MAGISTER KENOTARIATAN-S351502016 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Widodo Tresno Novianto,S.H.M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.