Penulis Utama : Gretta Aprilia Cyntia Dewi
NIM / NIP : S081608013
×

ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul fisika hasil pengembangan dengan penerapan model CPS disertai scaffolding pada materi gelombang bunyi, 2) menguji kelayakan modul fisika berbasis CPS disertai scaffolding pada materi gelombang bunyi, 3) menguji keefektifan penggunaan modul fisika berbasis CPS disertai scaffolding terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi gelombang bunyi.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur 4-D model yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan pengembangan terdiri dari tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Ruang lingkup materi modul yang dikembangkan adalah materi gelombang bunyi untuk kelas XI MIPA SMA. Sampel penelitian yaitu 32 siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 5 Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif karakteristik modul, analisis kelayakan modul, dan analisis tes kemampuan pemecahan masalah dengan uji wilcoxon signed rank test. 
Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa 1) karakteristik modul fisika berbasis creative problem solving disertai scaffolding yaitu modul yang berisi runtutan materi dan evaluasi yang dilengkapi dengan simbol barcode video sebagai scaffolding (bantuan) dengan langkah pembelajaran yang mengacu pada sintaks metode creative problem solving yaitu memahami masalah (understanding the problem), memunculkan gagasan (generating ideas), serta mempersiapkan tindakan untuk menyelesaikan masalah (planning for action), 2) kelayakan modul fisika berbasis creative problem solving disertai scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan hasil validasi materi, media, bahasa, hasil uji coba terbatas, uji coba luas, dan penyebaran memenuhi kriteria sangat baik sehingga produk layak digunakan. 3) efektivitas modul fisika berbasis creative problem solving disertai scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah memperoleh rata-rata N-gain score sebesar 0,59 pada hasil belajar kognitif dan 0,67 pada aspek kemampuan pemecahan masalah. Hasil N-gain score dikategorikan “sedang” dengan hasil signifikansi p=0,000. Hasil N-gain score menunjukkan bahwa modul fisika berbasis creative problem solving disertai scaffolding dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Kata kunci: Modul, Creative Problem Solving, Scaffoding, Kemampuan Pemecahan Masala

×
Penulis Utama : Gretta Aprilia Cyntia Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081608013
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Modul Fisika Berbasis Creative Problem Solving (Cps) Disertai Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Pendidikan Fisika-S081608013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd
2. Dr. Agus Supriyanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.