Penulis Utama : Arina Sekarayu Kinari D1416009
NIM / NIP : D1416009
×

RINGKASAN EKSEKUTIF
Arina Sekarayu Kinari. D1416009. 2019. “Peran Production Staff dalam Program  Election  Talk  di  METRO  TV”.  Tugas  Akhir.  Program  Studi Penyiaran. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan Kuliah Kerja Media atau KKM adalah sebagai persyaratan wajib kelulusan untuk mendapatkan gelar A.Md. yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir atau pada saat memasuki semester 6 D III FISIP UNS. Penulis memilih stasiun televisi berita yaitu PT. Media Televisi Indonesia atau yang dikenal dengan METRO TV yang tepatnya beralamat di Jalan   Pilar Mas Raya Kav. A-D Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Penulis melaksanakan kegiatan magang selama kurang lebih 3 bulan yang berlangsung mulai tanggal 25
Februari 2019 sampai dengan 12 Mei 2019.

Alasan penulis memilih untuk magang di METRO TV adalah karena penulis tertarik untuk belajar lebih dalam lagi mengenai jurnalistik  televisi. METRO TV dipilih karena menurut penulis, METRO TV merupakan salah satu televisi berita pertama di Indonesia dan sudah  dikenal masyarakat. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui bagaimana proses produksi program berita yang ada di METRO TV.

Menurut Fachruddin seorang Production Staff atau Production Assistant dituntut untuk bertanggung jawab atas segala kebutuhan program, mulai dari persiapan kebutuhan produksi. Pada saat KKM berlangsung penulis terlibat dalam tiga program acara yaitu Election Talk, Partai Bicara, dan Live Event Pemilu
2019. Namun penulis lebih banyak berkontribusi pada program Election Talk. Penulis melakukan tugas mentranskrip SOT, meriset materi serta membuat rundown yang digunakan saat hari-H.

Selama kurang lebih tiga bulan penulis mengikut kegiatan magang, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa peran Production Staff memiliki peran yang penting dalam sebuah tim produksi maupun tim redaksi. Seorang production staff harus memiliki kemampuan komunikasi yang aktif karena tugas production staff adalah sebagai penghubung tim dengan divisi lain.

 

×
Penulis Utama : Arina Sekarayu Kinari D1416009
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416009
Tahun : 2018
Judul : Peran Production Staff Dalam Program Election Talk Di Metro Tv
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Komunikasi Terapan-K7412174-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.