Penulis Utama : Mahura Mayang Sari
NIM / NIP : S041508005
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran matematika materi aritmetika sosial di SLB Budi Mulia Blitar pada saat ini, (2) mendeskripsikan kebutuhan terhadap penggunaan bahan ajar matematika materi aritmetika sosial berbasis inkuiri terbimbing untuk peserta didik tunarungu kelas X di SLB Budi Mulia Blitar. (3) mengembangkan bahan ajar matematika materi aritmetika sosial berbasis inkuiri terbimbing yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik tunarungu kelas X di SLB Budi Mulia Blitar, dan (4) menguji kelayakan bahan ajar matematika materi aritmetika sosial berbasis inkuiri terbimbing untuk peserta didik tunarungu kelas X di SLB Budi Mulia Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengacu model pengembangan 4D Thiagarajan yang meliputi tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Tahap define dilakukan studi literatur dan studi lapangan, tahap design dilakukan pemilihan media yaitu bahan ajar dan perancangan awal produk penelitian, tahap develop dilakukan uji validasi serta uji coba terbatas pada kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Budi Mulia Kabupaten Blitar. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran matematika dan peserta didik tunarungu kelas X di SLB Budi Mulia Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan gabungan antara analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian pendahuluan memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran matematika bahwa penggunaan bahan ajar masih terbatas dilakukan dan penyampaian materi guru masih berfokus menggunakan buku teks dari Pemerintah serta buku teks untuk peserta didik normal. Hasil analisis kebutuhan terhadap penggunaan bahan ajar matematika menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan bahan ajar materi aritmetika berbasis inkuiri terbimbing karena sumber belajar di sekolah belum memadai serta belum memenuhi kebutuhan guru dan peserta didik. Hasil pengembangan bahan ajar matematika berbasis inkuiri terbimbing  menggunakan tahapan terstruktur (mulai dari tahapan orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pemecahan masalah, pengumpulan dan penganalisisan, serta pembuatan kesimpulan), menggunakan materi yang sesuai dengan tujuan penelitian, dan evaluasi. Hasil uji kelayakan penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi aritmetika sosial berbasis inkuiri terbimbing untuk peserta didik tunarungu kelas X di SLB Budi Mulia yang dikembangkan dinilai layak digunakan.

Kata Kunci :bahan ajar matematika, inkuiri terbimbing, peserta didik tunarungu

×
Penulis Utama : Mahura Mayang Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041508005
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Aritmetika Sosial Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Peserta Didik Tunarungu Kelas X di Slb Budi Mulia Blitar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Pendidikan Luar Biasa-S041508005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd
2. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.