Penulis Utama : Tesia Armala Pangesti
NIM / NIP : F3616059
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan atau perkembangan produk Simpanan Mudharabah Masa Depan di KSPPS BMT Tumang cabang Surakarta yang meliputi prosedur produk Simuda Mapan, kelebihan dan kekurangan produk, perkembangan produk dari beberapa tahun terakhir dan strategi pemasaran yang digunakan agar anggota tertarik untuk menggunakan produk dari KSPPS BMT Tumang cabang Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur produk Simuda Mapan terdiri dari prosedur pembukaan rekening, prosedur penyetoran dan penarikan simpanan dan pembagian nisbah bagi hasil. Adapun kelebihan dari produk ini adalah bagi hasil yang sebanding, bonus, layanan sistem jemput bola dan manfaat keluarga peduli pendidikan. Kekurangannya adalah minat anggota masih sedikit dibanding produk lain dan setoran yang lebih tinggi dibanding produk lainnya.
Dilihat dari perkembangan 3 tahun terakhir mengalami peningkatan dari segi jumlah anggota maupun jumlah saldo simpanan. Strategi pemasaran yang digunakan adalah penawaran produk Simuda Mapan kepada masyarakat dengan membagikan brosur, melakukan siaran melalui radio, mendapatkan bonus, bagi hasil yang sebanding dengan jangka waktu simpanan, pemilihan lokasi kantor yang strategis, dan melakukan sosialisasi ke tempat – tempat keramaian seperti pasar, toko dekat kantor, sekolahan dan rumah masyarakat dari pintu ke pintu agar masyarakat mengerti mengenai KSPPS BMT Tumang sebagai lembaga keuangan syariah dan menjalankan tujuan syariat islam yakni maqosyid syariah.

Kata kunci : Baitul Maal wat Tamwil, Simpanan, Strategi pemasaran, Akad mudharaba

×
Penulis Utama : Tesia Armala Pangesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3616059
Tahun : 2019
Judul : Analisis Produk Simpanan Mudharabah Masa Depan pada Kspps Bmt Tumang Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Keuangan dan Perbankan-F3616059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vita Kartika Sari, S.E., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.