Penulis Utama : Dimas Fika Pramudita
NIM / NIP : K3113016
×

ABSTRAK

Dimas Fika Pramudita. NIM K3113016. PERILAKU MEROKOK DAN FAKTOR  PENYEBAB  (STUDI  KASUS  PADA  DUA  PESERTA  DIDIK SMK  BHINA  KARYA  KARANGANYAR.  Skripsi,  Fakultas  Keguruan  dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2019.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pola perilaku merokok pada dua peserta didik  SMK  Bhina Karya Karanganyar.  (2)  mendeskripsikan faktor penyebab perilaku merokok pada dua peserta didik SMK Bhina Karya Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Bhina Karya Karanganyar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah dua peserta didik. Data pola perilaku merokok dan faktor penyebab pada dua peserta didik   akan   dikumpulkan   menggunakan   teknik   observasi   dan   wawancara mendalam. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Hasil  Penelitian  menunjukan  bahwa  pola perilaku  merokok  pada dua peserta didik adalah sebagai berikut : (1) fungsi merokok peserta didik menggambarkan perasaan positif (2) intensitas perilaku merokok peserta didik
ringan (3) peserta didik merokok di tempat umum (4) perilaku merokok peserta didik  pada  saat  berkumpul  bersama  teman.  Sementara  itu  faktor  penyebab perilaku merokok pada dua peserta didik adalah (1) Ayah dari peserta didik adalah perokok (2) pergaulan teman yang mengarah pada perilaku merokok (3) harga beli rokok masih terjangkau dan adanya tempat untuk merokok sangat nyaman (4) alasan psikologis ingin terlihat keren dan ingin mencoba untuk merokok (5) sikap acuh dan mentoleransi terhadap kesehatan perilaku merokok. (6) sudah terbiasa merokok.
Kata Kunci: studi kasus, perilaku merokok, faktor penyebab.

×
Penulis Utama : Dimas Fika Pramudita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113016
Tahun : 2019
Judul : Perilaku Merokok Dan Faktor Penyebab (Studi Kasus Pada Dua Peserta Didik Smk Bhina Karya Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan bimbingan dan Konseling-K3113016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.