Penulis Utama : Indah Dwi Utami
NIM / NIP : K3115023
×

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk prototipe-2 berupa Panduan Pencegahan LGBT pada Peserta Didik SMA Sederajat berdasarkan Enam Kontinum Konseling Transgender” berdasarkan kajian teoritik yang selanjutnya siap untuk diuji keefektifannya. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg dan Gall, namun hanya sampai pada langkah ke lima atau menghasilkan produk berupa prototipe-2. Tahapan yang dilalui oleh peneliti yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba lapangan , serta (5) revisi produk. Subjek penelitian pada pengumpulan informasi awal adalah guru BK dari 3 SMA dan 3 SMK di Karesidenan Surakarta. Subjek uji ahli produk adalah dosen bimbingan dan konseling serta dosen program studi Desain Komunikasi Visual. Kemudian, uji praktisi yaitu guru BK SMA Negeri 8 Surakarta dan SMK Negeri 6 Surakarta. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji ahli dan praktisi adalah dengan inter-rater agreement. Hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa 5 dari 6 sekolah atau setara dengan 83% menyatakan bahwa setuju dengan adanya pengembangan panduan tersebut untuk mencegah perkembangan LGBT. Nilai uji validasi ahli bimbingan konseling untuk panduan pencegahan LGBT sebesar 0,67 yang berarti memiliki validitas yang tinggi. Nilai uji ahli desain untuk panduan sebsar 0,61 yang berarti bahwa tingkat validitasnya tinggi. Sementara itu, nilai dari praktisi untuk panduan sebesar 0,85 yang berarti memiliki validitas sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji panduan pencegahan LGBT sebesar 0,71 yang berarti bahwa tingkat validitasnya tinggi. Kemudian, nilai uji ahli bimbingan dan konseling untuk LKPD adalah 0,37 yang berarti memiliki validitas yang rendah. Begitu pula dengan ahli desain yang hanya bernilai 0, 31. Sementara itu, nilai dari praktisi adalah sebesar 0,6 yang berarti memiliki validitas sedang. Dengan demikian, nilai dari LKPD berdasarkan penilaian tersebut adalah sebesar 0,43. Angka tersebut berarti memiliki tingkat validitas yang sedang. 

Kata kunci: pengembangan, panduan, pencegahan LGBT, enam kontinum konseling transgender

×
Penulis Utama : Indah Dwi Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115023
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Panduan Pencegahan LGBT pada Peserta Didik SMA Sederajat Berdasarkan Enam Kontinum Konseling Transgender
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3115023-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ulya Makhmudah, M. Pd.
2. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.