Penulis Utama : Metha Debra Prasita
NIM / NIP : I8314038
×

ABSTRAK
 
Metha Debra Prasita, Pangestika Ratna Karindra, 2017,  Laporan Tugas Akhir  “Pembuatan Daging Sintetis Berbahan Dasar Daun Kelor Sebagai Alternatif Sumber Protein Bagi Vegetarian”, Program Studi Diploma III Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
 
Daging merupakan makanan penyumbang protein dalam tubuh, namun kandungan pada daging hewani memiliki tingkat lemak yang tinggi sehingga tidak baik dalam tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Salah satu pemanfaatan sumber  nabati yang sedang berkembang adalah pembuatan  daging sintetis. Daging sintetis adalah bahan makanan yang terbuat dari bahan nabati yang mengandung protein tinggi serta rendah kolesterol Pembuatan daging sintetis biasanya menggunakan bahan baku kacang-kacangan seperti kedelai namun kedelai memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu digunakan daun kelor sebagai alternatif  pembuatan daging sintetis.
Proses pembuatan daging sintetis dari daun kelor yaitu menyiapkan bahan baku tepung, pembuatan tepung daun kelor dengan mengeringkan daun kelor di dalam oven dengan suhu 50-60 o C selama 5 jam atau sampai benar benar kering dengan kadar air 5%, kemudian daun kelor kering dilakukan penepungan dan diayak dengan ayakan 70 mesh, tepung daun kelor yang sudah jadi disimpan di wadah. Selanjutnya pembuatan adonan dengan komposisi tepung terigu 95 gram dan tepung daun kelor 5 gram dan ditambahkan 2 gram garam dapur dan air
sebanyak 60 mL. Adonan dicampur kemudan diuleni sampai adonan kalis, lalu dilakukan pencucian adonan untuk menghilangkan pati pada terigu sehingga dihasilkan gumpalan (gluten) yang disebut gluten basah dengan kadar pati yang rendah. Gluten yang dihasilkan kemudan direbus selama 15-20 menit pada suhu 100 o C sampai gluten matang dengan ditandai gluten sudah mengambang. Hasil rebusan merupakan daging tiruan yang siap diolah berbagai jenis masakan.  
Hasil daging sintetis dari daun kelor memiliki kadar protein yaitu 28,51%, karbohidrat 0,76%, lemak 0,25%, kadar air 70,46% dan kadar abu 0,03%. Satu kali proses produksi menghasilkan  gluten sebanyak 40?ri berat adonan. Satu hari produksi menghasilkan 4 kg produk,dengan berat perkemasan yaitu 500 gram dengan begitu satu hari menghasilkan 8 kemasan daging sintetis. Harga satu kemasan yaitu Rp 30.000,00 keuntungan perhari yaitu Rp 45.394,99.

×
Penulis Utama : Metha Debra Prasita
Penulis Tambahan : 1. PANGESTIKA RATNA KARINDRA
2.
NIM / NIP : I8314038
Tahun : 2017
Judul : Pembuatan Daging Sintetis Berbahan Dasar Daun Kelor Sebagai Alternatif Sumber Protein Bagi Vegetarian
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS TEKNIK - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. TEKNIK Prog. DIII TEKNIK KIMIA-I8314038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujtahid Kaavesina, S.T., M.T., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.