Penulis Utama : Muhammad Hilmi Ashri
NIM / NIP : F0213063
×

Tujuan – Tujuan dari makalah ini berfokus pada kurangnya literasi keuangan dan pengaruh bias perilaku sebagai salah satu faktor yang mungkin menjelaskan rendahnya tingkat diversifikasi portofolio. Penulis mempertimbangkan aspek-aspek dari literasi keuangan dan bias perilaku untuk perbedaan sosio-demografis dan ukuran portofolio mereka.
Metodologi – Model yang diusulkan dalam makalah ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara literasi keuangan dan bias perilaku terhadap diversifikasi portofolio. Seluruh variabel diukur dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari tes objektif untuk mengetahui literasi keuangan, pengukuran sikap untuk mengetahui bias perilaku dan beberapa pertanyaan mengenai aspek sosio-demografis. Populasi terdiri dari para investor yang terdaftar pada Galeri Investasi BEI di seluruh Surakarta dengan jumlah sampel terdiri dari 100 responden.
Temuan – Hasil menunjukan bahwa literasi keuangan, bias perilaku, sosio-demografis, dan ukuran portofolio memiliki dampak signifikan pada diversifikasi portofolio mereka.
Implikasi penelitian – Keterbatasan utama dari studi empiris adalah ukuran sampel yang kecil. Sampel yang lebih besar akan memberikan hasil yang lebih handal dan memungkinkan berbagai analisis yang lebih luas.
Implikasi praktis – Makalah ini mendorong investor untuk membuat keputusan investasi mereka berdasarkan pada tingkat pengetahuan dan kemampuan keuangan mereka, serta tidak bergantung pada sentimen dalam diri mereka.
Implikasi sosial – Makalah ini mendorong Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia untuk meningkatkan program pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan tingkat literasi keuangan investor.
Orisinalitas – Studi saat ini adalah studi pertama dari jenisnya yang berfokus pada hubungan antara literasi keuangan dan bias perilaku terhadap diversifikasi portofolio, dalam konteks spesifik di Surakarta.
Kata kunci – Diversifikasi Portofolio, Literasi Keuangan, Bias Keakraban, Bias Ketersediaan, Bias Overconfidence, Sosio-demografis, Ukuran Portofolio, Galeri Investasi BEI, Surakarta
Jenis makalah – Makalah penelitan

 

×
Penulis Utama : Muhammad Hilmi Ashri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213063
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh literasi keuangan dan bias perilaku investor terhadap diversifikasi portofolio saham (studi terhadap mahasiswa yang terdaftar pada galeri investasi BEI di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog Studi Teknik Elektro-I0213063-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, S.E., M.S.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.