Penulis Utama : Andre Christiawan Susanto
NIM / NIP : G0015021
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Tinggi badan sangat bermanfaat dalam menilai pertumbuhan tubuh manusia terutama pada anak-anak yang mengalami pertumbuhan signifikan. Tinggi badan adalah salah satu komponen yang penting dalam melakukan pengukuran gizi. Pengukurang tinggi badan aktual tidak dapat dilakukan pada beberapa kondisi, seperti kelainan bentuk ekstremitas dan amputasi, sehingga dibutuhkan pengukuran tinggi badan dengan parameter bagian tubuh yang lain. Parameter yang dapat digunakan salah satunya adalah tinggi duduk sebagai prediktor tinggi badan.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian bersifat observasional (non-eksperimental) analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SD Warga Surakarta pada tanggal 30 Juli 2018 hingga 1 Agustus 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling tipe total population sampling. Variabel terikat adalah tinggi badan, sedangkan variabel bebas adalah tinggi duduk. Pengukuran tinggi badan dan tinggi duduk dilakukan menggunakan microtoise. Data tambahan lainnya diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh orang tua subjek. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 25 dengan uji normalitas data, uji korelasi Spearman, uji Kruskal-Wallis, dan regresi linier berganda.

Hasil Penelitian: Total responden adalah 490 orang dengan 314 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Responden terdiri dari 141 laki-laki (44,9%) dan 173 perempuan (55,1%). Terdapat korelasi sangat kuat dengan arah berbanding lurus antara tinggi duduk dengan tinggi badan pada anak SD pada semua jenis kelamin (r > 0,8). Usia diketahui memiliki korelasi yang sangat kuat dengan arah korelasi berbanding lurus terhadap tinggi badan (r > 0,8), sedangkan perbedaan tinggi badan antar etnis tidak bermakna.

Simpulan Penelitian: Terdapat korelasi sangat kuat dengan arah berbanding lurus antara tinggi duduk dengan tinggi badan pada anak SD baik laki-laki maupun perempuan. Usia memiliki korelasi sangat kuat terhadap tinggi badan.

Kata Kunci: tinggi duduk, tinggi badan, usia, etnis, anak SD.

 

×
Penulis Utama : Andre Christiawan Susanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015021
Tahun : 2018
Judul : Korelasi Antara Tinggi Duduk Terhadap Tinggi Badan Pada Siswa SD
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran-G0015021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Annang Giri Moelyo, dr., Sp.A(K), M. Kes
2. Diah Lintang K, dr., Sp.A, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.