Penulis Utama : Ocvy Dyah Putri Mentari Wahyuana
NIM / NIP : K7412137
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh keaktifan berorganisasi dan self-management terhadap displin belajar mahasiswa FKIP UNS aktivis organisasi. 2) Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap disiplin belajar mahasiswa FKIP UNS aktivis organisasi. 3) Pengaruh self-management terhadap disiplin belajar mahasiswa FKIP UNS aktivis organisasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP UNS aktivis organisasi di UKM Universitas dan UKM Fakultas angkatan 2018 yang berjumlah 183 mahasiswa. Sampel yang diambil dengan random sampling sebanyak 119 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalah teknik analisis teknik analisis regresi ganda dengan program SPSS for window versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posistif dan signifikan keaktifan berorganisasi dan self-management terhadap disiplin belajar sebesar 64%. Keaktifan berorganisasi memberikan sumbangan relatif sebesar 62% dan sumbangan efektif sebesar 40% terhadap disiplin belajar. Variabel self management memberikan sumbangan relatif sebesar 39% dan sumbangan efektif sebesar 25% terhadap disiplin belajar. Hasil tersebut menunjukkan Keaktifan berorganisasi berpengaruh lebih besar daripada self-management.

Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi, Self-management, Disiplin Belajar.

 

×
Penulis Utama : Ocvy Dyah Putri Mentari Wahyuana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412137
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Self-Management Terhadap Disiplin Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa FKIP UNS Aktivis Organisasi di UKM Angkatan 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur Pendidikan Ekonomi-K7412137-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudarno, M.Pd
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.