Penulis Utama : Umi Latifah
NIM / NIP : K7412179
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh metode mengajar guru terhadap kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Islam 1 Surakarta, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Islam 1 Surakarta, (3) pengaruh metode mengajar guru dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Islam 1 Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Islam 1 Surakarta yang memperoleh mata pelajaran ekonomi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data berkaitan dengan metode mengajar guru dan lingkungan keluarga, pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode mengajar guru dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap kesulitan belajar. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode mengajar guru dan kesulitan belajar, berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima (3) berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan kesulitan belajar, maka dapat disimpulkan apabila lingkungan keluarga baik, maka kesulitan belajarpun menurun begitu pula sebaliknya.

Kata Kunci : metode mengajar guru, lingkungan keluarga, kesulitan belajar

×
Penulis Utama : Umi Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412179
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur Pendidikan Ekonomi-K7412179-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.