Penulis Utama : Puspa Devi Maharani
NIM / NIP : S411708037
×

Cryptocurrency (atau mata uang kripto) adalah aset digital yang dirancang sebagai alat tukar yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksinya, untuk mengontrol  pembuatan  unit  tambahan,  dan  untuk  memverifikasi  transfer aset. Cryptocurrency sudah memiliki 1548 jenis crypto, salah satu jenis yang sangat populer  dan  memiliki  Capitalmarket  terbesar  yaitu  Bitcoin  dengan  jumlah
16,994,837 BTC pada bulan April 2018. Bitcoin memanfaatkan jaringan peer-to- peer   network   sebagai   media   distribusinya   dengan menggunakan protokol kriptografi canggih. Pertama kali  Bitcoin   dicetuskan  pada  tahun  2008  oleh Satoshi Nakamoto.

Penelitian  ini  mengindentifikasi  tentang  perubahan  harga,  return,  abnormal return, dan volume perdagangan Bitcoin di pasar dalam pengambilan keputusan investasi di Indonesia. Penelitian menggunakan analisis events study yang dilakukan pada harga, return, abnormal return, dan volume bitcoin saat tahun baru. Pengamatan dilakukan sebelum dan sesudah tahun baru, dengan data pengamatan harga, return, abnormal return, dan volume harian yang dilakuakan selama 90 hari, 30 hari, dan 7 hari sejak tahun 2014-2018. Hasil dari penelitian yang  dilakuakan  yaitu  terdapat  perbedaan  harga  dan  volume  bitcoin  antara sebelum dan sesudah tahun baru. Hasil analisis return dan abnormal return yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah tahun baru.

Keywords:  Bitcoin,  Criptocurrency,  events  study,  tahun  baru,  harga,  return, abnormal return, dan volume

×
Penulis Utama : Puspa Devi Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411708037
Tahun : 2019
Judul : Bitcoin: events study tahun baru sejak tahun 2014-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascsarjana Prodi Manajemen Keuangan-S411708037-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons)., Ph.D., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.