Penulis Utama : Muhammad Luthfi K
NIM / NIP : H0813118
×

ABSTRAK

Muhammad Luthfi K. H0813118. 2017. “Peran Sektor Pertanian terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Distribusi Pendapatan di Kabupaten Klaten”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. dan Setyowati, SP., MP. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan sektor pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja beserta komponen pertumbuhan tenaga kerja selama tahun 2011-2015, proyeksi jumlah kesempatan kerja pada lima tahun ke depan (2016-2020), serta terhadap distribusi pendapatan di Kabupaten Klaten. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dan dilaksanakan di Kabupaten Klaten. Data yang digunakan adalah sekunder dengan rentang waktu 5 tahun (2011-2015), diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klaten; Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi; Dinas Pertanian Kabupaten Klaten, dan BAPPEDA Kabupaten Klaten. Data tersebut berupa data perekonomian Kabupaten Klaten dan Propinsi Jawa Tengah, data ketenagakerjaan Kabupaten Klaten dan Propinsi Jawa Tengah, serta kondisi umum Kabupaten Klaten.
Besarnya peranan sektor pertanian dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Klaten dihitung menggunakan angka pengganda tenaga kerja. Rata-rata angka pengganda tenaga kerja sektor pertanian di Kabupaten Klaten dari tahun tahun 2011-2015 adalah 1,25. Hal ini berarti setiap peningkatan satu orang tenaga kerja pada sektor pertanian dapat meningkatkan tenaga kerja secara keseluruhan di Kabupaten Klaten sebanyak satu hingga dua orang. Hasil perhitungan analisis Shift Share menunjukkan nilai Pergeseran Bersih di Kabupaten Klaten sebesar 18.275. Ini berarti pertumbuhan kesempatan kerja pada sektor pertanian Kabupaten Klaten termasuk kelompok progresif. Proyeksi kesempatan kerja sektor pertanian pada tahun 2020 menunjukkan peningkatan sejumlah 193.044 orang dibandingkan dengan tahun 2015. Hasil penghitungan distribusi pendapatan menunjukkan nilai Indeks Williamson dengan sektor pertanian sebesar 0,036 dan nilai tanpa sektor pertanian sebesar 0,032. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh dari sektor pertanian terhadap distribusi pendapatan. Kiteria hasil distribusi pendapatan berada pada angka 0,0-0,2 yang menunjukkan bahwa ketidakmerataan pendapatan yang terjadi termasuk rendah dan distribusi pendapatan hampir merata.
Sektor pertanian masih memegang peranan penting dalam menyerap tenaga kerja di Kabupaten Klaten dan mempunyai pertumbuhan tenaga kerja yang progresif. Sebagai sektor yang banyak menyerap tenaga kerja, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada sub sektor pertanian agar diperoleh informasi terperinci mengenai sub sektor yang memberi peranan terbesar dalam penyerapan tenaga kerja. Peningkatan nilai tambah produksi pertanian dan kesejahteraan petani perlu mendapat perhatian khusus, agar tenaga kerja sektor pertanian tidak beralih ke sektor yang lainnya baik untuk saat ini ataupun di masa yang akan datang.

×
Penulis Utama : Muhammad Luthfi K
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813118
Tahun : 2017
Judul : Peran Sektor Pertanian Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Distribusi Pendapatan Di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS PERTANIAN - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. Pertanian Prog. Agribisnis-H 0813118-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.