Penulis Utama : Ita Permatasari
NIM / NIP : S891508018
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menginvestigasi kualitas dari materi listening sebelumnya dari buku pegangan “Mandiri-Practice Your English Competence untuk SMK/MAK” yang digunakan oleh siswa kelas X jurusan pariwisata SMK Sahid Surakarta, dan (2) mengembangkan materi listening tambahan berbasis tema untuk siswa kelas X jurusan pariwisata SMK Sahid Surakarta. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap utama yaitu tahap eksplorasi dan tahap pengembangan. Tahap eksplorasi terdiri dari tinjauan literatur, studi lapangan, dan analisa kebutuhan. Pada tahap kedua, peneliti mengembangkan prototype, memvalidasi produk, dan melaksanakan try out sebanyak tiga kali.
Pada tahap eksplorasi, peneliti menginvestigasi kualitas materi terdahulu dengan membaca buku pegangan terdahulu, mengobservasi kelas, melaksanakan interview   dengan   guru   Bahasa   Inggris   dan   menyebarkan   angket   kepada mahasiswa. Hasil analisa menunjukan bahwa materi yang digunakan sebelumnya memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan yang muncul anatara lain: (1) tujuan pembelajaran tidak tersedia; (2) topik yang tersedia tidak ditujukan secara khusus bagi siswa jurusan pariwisata; (3)materi yang tersedia bersifat monoton; (4) tidak bisa memotivasi siswa; (5) tidak bisa mengenalkan siswa kepada bahasa yang digunakan otentik; dan (6) tidak bisa meningkatkan antusias siswa selama kelas berlangsung.
Lebih  lanjut  lagi,  peneliti  melaksanakan  analisis  kebutuhan  dari  siswa kelas sepuluh jurusan pariwisata dengan menyebarkan angket kepada siswa, mengobservasi kelas, dan mewawancara ketua prodi jurusan pariwisata. Dari hasil tahap eksplorasi, peneliti memutuskan untuk mengembangkan  materi listening tambahan  berbasis  tema  bagi  siswa kelas  sepuluh  jurusan  pariwisata.  Peneliti memilih pendekatan bebasis tema berdasarkan kelebihan dari pendekatan ini, antara lain: (1) mengikutsertakan siswa kedalam proses pembelajaran; (2) menghubungkan pengalaman hidup, ketertarikan, dan pengetahuan dasar siswa; (3) menciptakan    sebuah fokus terhadap area pengetahuan tertentu; (4) meningkatkan sikap positif siswa; dan (5) meningkatkan pencapaian siswa dan proses pembelajaran.
Pada  tahap  pengembangan,  prototype  dikembangkan  berdasarkan  hasil dari analisa kebutuhan sebagai kerangka.Selanjutnya, tiga orang ahli dilibatkan dalam proses validasi prototype sebelum selanjutnya di uji cobakan sebanyak tiga kali  di  kelas.  Produk  yang telah dikembangkan  memiliki  beberapa perbedaan dengan produk sebelumnya. Perbedaan mendasar yang terlihat antara lain: (1)  produk baru mengandung materi listening bagi siswa kelas sepuluh jurusan pariwisata; (2) produk dikembangkan menggunakan pendekatan berbasis tema; (3) terdapat tujuan pembelajaran; (4) terdapat berbagai macam materi dan aktifitas listening.
Diharapkan produk akhir yang berjudul Materi Listening Tambahan Berbasis  Tema  Bagi  Siswa  Kelas  Sepuluh  Jurusan  Pariwisata  SMK  Sahid Surakarta dapat berguna bagi siswa dan guru Bahasa Inggris.

 

×
Penulis Utama : Ita Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891508018
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Materi Listening Tambahan Berbasis Tema bagi Siswa Kelas X Jurusan Pariwisata Sekolah Menengah Kejuruan(Penelitian Pengembangan di SMK Sahid Surakarta Tahun 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris-S891508018-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiso, M.Pd
2. Dr. Sumardi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.