Penulis Utama : Farah Tiana Dhion
NIM / NIP : K3115014
×

ABSTRAK

Farah Tiana Dhion. PENGEMBANGAN KURIKULUM BIMBINGAN BERBASIS   STANDAR   KOMPETENSI   BIDANG   SOSIAL   PESERTA DIDIK SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2019.
Penelitian ini dilakukan untuk dapat menghasilkan sebuah produk berupa pengembangan kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang sosial peserta didik SMA yang dapat digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling agar menjadi lebih efektif dan efisien dalam segi waktu.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi konsep Penelitian dan Pengembangan Plomp & Nieveen (2013). Kegiatan penelitian dan pengembangan terdiri atas preliminary reasearch, prototyping stage, dan assessment phase. Subjek uji ahli adalah dua ahli dalam bidang bimbingan dan  konseling. Data  yang dikumpulkan adalah berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil uji ahli. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kelayakan produk dengan menggunakan lembar penilaian uji ahli dengan mengacu pada aspek ideal dan formal dari representasi kurikulum menurut Akker (2010). Analisis data dengan menggunakan inter-rater agreement model dari Gregory (2015). Hasil uji kelayakan produk yang dikembangkan menunjukkan hasil 1,00 (validitas tinggi) dan pada aspek formal menunjukkan hasil 1,00 (validitas tinggi).
Simpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa dari hasil validasi produk, pengembangan kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang sosial peserta didik SMA telah diterima oleh ahli BK dan sudah siap untuk diujikan kepada praktisi yaitu Guru Bimbingan dan Konseling dan uji efektivitas.

Kata   Kunci:   Pengembangan,   Produk,   Program   Layanan   Bimbingan   dan
Konseling.

 

×
Penulis Utama : Farah Tiana Dhion
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115014
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Kurikulum Bimbingan Berbasis Standar Kompetensi Bidang Sosial Peserta Didik SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan bimbingan dan Konseling-K3115014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd
2. Ma?rifatin Indah Kholili, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.