Penulis Utama : Rosi Cinditya Tusya Putri
NIM / NIP : I8314058
×

ABSTRAK


Rosi Cinditya Tusya Putri, Seta Ayu Ningtyas, 2017, Laporan Tugas Akhir “Pembuatan Nori dari Rumput Laut Campuran Jenis Ulva lactuca linnaeus Dan Glacilaria sp.” Program Studi Diploma III Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kebutuhan nori impor di Indonesia semakin meningkat karena menjamurnya makanan Jepang dan Korea. Ulva lactuca merupakan jenis rumput laut Indonesia yang banyak ditemui di sepanjang Pantai Kukup, Yogyakarta. Karakteristiknya mirip dengan rumput laut Porphyra, bahan baku nori impor.  Gracilaria sp. adalah rumput laut penghasil agar-agar yang tumbuh di Indonesia.   Tujuan tugas akhir ini adalah membuat nori secara tradisional dengan bahan baku rumput laut Ulva lactuca dan Gracilaria sp., mengetahui kandungan gizi dari nori yang dihasilkan dan membandingkan dengan nori pasaran.  Proses pembuatan diawali dengan poses pencucian rumput laut, perendaman rumput laut selama 6 jam. Ulva lactuca direndam dalam larutan NaCl dengan perbandingan berat antara rumput laut : air : garam = 2 : 60 : 5 , perendaman rumput laut Gracilaria sp. dalam larutan cuka beras dengan perbandingan berat rumput laut : air : cuka beras = 2 : 60 : 1, proses pencucian rumput laut sampai pH netral, proses penghalusan dilakukan selama 10 menit. Sebelum dihaluskan, ditambahkan air dengan perbandingan berat rumput laut Ulva lactuca : air = 1 : 8. Proses pemasakan selama 30 menit dalam proses ini, dilakukan penambahan minyak wijen, minyak goreng dan saos tiram. Proses pencetakan menggunakan loyang alumunium ukuran 30cm x 30cm yang sebelumnya sudah diberi alas kain.
Setelah dicetak, nori dikeringkan dalam oven dengan suhu 800 C selama 5 jam. Percobaan dilakukan dalam 4 rasio berat Gracilaria sp. yang berbeda yaitu : sampel 1 = 100% Ulva lactuca, sampel 2 = 97,15% Ulva lactuca : 2,85% Gracilaria sp., sampel 3 = 98% Ulva lactuca : 2% Gracilaria sp., dan sampel 4 = 99% Ulva lactuca : 1% Gracilaria sp.   Hasil dari percobaan menunjukkan bahwa  Ulva lactuca dapat dijadikan bahan baku nori. Nori sampel 2 menghasilkan nori dengan karakteristik terbaik dan mirip dengan nori di pasaran. Penambahan Gracilaria sp. semakin banyak menyebabkan tekstur nori lebih rapat, keras, dan kaku, tetapi jika Gracilaria sp. yang ditambahkan terlalu sedikit maka nori yang dihasilkan tidak merekat. Hasil analisis uji proksimat nori yang dihasilkan memiliki kandungan air sebesar 7,51%, mineral 14,84% lemak 19,42%, protein 7,81%, dan karbohidrat 50,42%. Nori tidak mengandung bakteri E-Coli ditandai dengan tidak adanya gelembung gas dan warna tetap jernih. Hasil uji organoleptik menunjukkan kecenderungan nori ini disukai oleh responden. Untuk membuat 810 gram nori, dibutuhkan 500 gram rumput laut Ulva lactuca kotor kering (berat kotoran 204,68 gram),14,2 gram Gracilaria sp.,100 gram minyak sawit, 150 gram minyak wijen dan 250 gram saos tiram. 

×
Penulis Utama : Rosi Cinditya Tusya Putri
Penulis Tambahan : 1. SETA AYU NINGTYAS
2.
NIM / NIP : I8314058
Tahun : 2017
Judul : Pembuatan Nori Dari Rumput Laut Campuran Jenis Ulva lactuca linnaeus dan Glacilaria sp.
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS TEKNIK - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. TEKNIK Prog. DIII TEKNIK KIMIA-I8314058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sperisa Distantina, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.