Penulis Utama : Sakinatur Rahmawati
NIM / NIP : K7410168
×

ABSTRAK

 

Sakinatur Rahmawati. “PENGARUH TEKANAN AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUANAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET” Skripsi; Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa FKIP UNS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 131 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Teknik sampling yang digunakan adalah simple purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji t menunjukan nilai probabilitas tekanan akademik terhadap prestasi akademik adalah 0,000 nilai probilitas tersebut lebih kecil dari 0,05.Nilai ini berarti tekanan akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,125. Hal ini berarti bahwa 12,5% prestasi akademik dipengaruhi oleh tekanan akademik sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara tekanan akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.


Kata kunci: Mahasiswa, prestasi akademik, tekanan akademik.

 

×
Penulis Utama : Sakinatur Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7410168
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Tekanan Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruanan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Pendidikan Ekonomi-K7410168-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Muhammad Sabandi, S.E, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.