Penulis Utama : Sandy Irbianto
NIM / NIP : I8314060
×

ABSTRAK

SANDY IRBIANTO, WAHYU NUR ISHARTONO. 2017. LAPORAN TUGAS AKHIR “Pembuatan Biopestisida dari Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L) dan Bakteri Bacillus thuringiensis sebagai Pengendali Hama Ulat Grayak” Program Studi Diploma III Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
 
Penggunaan pestisida kimia di Indonesia oleh petani kubis untuk membunuh ulat grayak semakin marak dan menimbulkan banyak residu. Oleh sebab itu diperlukan pestisida alternatif yang ramah lingkungan. Salah satunya menggunakan biopestisida dari campuran ekstrak daun sirsak (Annona Muricata L) dan bakteri Bacillus thuringiensis sebagai pengendali hama ulat grayak. Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang bersifat racun bagi ulat grayak, yaitu alkaloid. Sedangkan B. thuringiensis memiliki toksin Bt yang bersifat racun perut bagi serangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan ekstrak daun sirsak dan jumlah bakteri B. thuringiensis terhadap efektifitas biopestisida dalam membunuh ulat grayak.  

Metode pembuatan biopestisida ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu pembuatan ekstrak daun sirsak konsentrasi (40 g/L, 60 g/L, dan 80 g/L), pembuatan starter B. thuringiensis (100 mL dan 200 mL), dan  pembuatan biopestisida varian 1A, 1B, 1C, 2A, 2B, dan 2C. Biopetisida dibuat dengan cara mencampurkan 3 varian ekstrak yang dibuat dengan  2 varian starter B. thuringiensis lalu ditambahkan tetes tebu 10 mL, asam asetat 5% dan EM4 sebanyak 5 mL. Selanjutnya semua biopestisida diinkubasi selama 72 jam. Analisa yang dilakukan yaitu uji total alkaloid dalam ekstrak, perhitungan jumlah sel bakteri, uji efektifitas, dan uji residu.
Hasil penelitian menyatakan perbandingan optimum dari ekstrak daun sirsak dan B. thuringiensis terdapat pada varian biopestisida 2C. Kadar alkaloid maksimum pada varian 2C sebesar 39,28 ppm dan jumlah sel bakteri dalam starter sebanyak 2,4 x 10 15 sel/mL mampu membunuh ulat grayak dengan efektifitas mencapai 30%. Hasil analisa pengujian residu menunjukkan bahwa biopestisida ini juga ramah lingkungan. 

×
Penulis Utama : Sandy Irbianto
Penulis Tambahan : 1. Wahyu Nur Ishartono
NIM / NIP : I8314060
Tahun : 2017
Judul : Pembuatan Biopestisida Dari Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L.) dan Bakteri Bacillus thuringiensis Sebagai Pengendali Hama Ulat Grayak
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS TEKNIK - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. TEKNIK Prog. DIII TEKNIK KIMIA-I8314060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Margono, S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.