Penulis Utama : Matsna Rochima F. K.
NIM / NIP : C0913028
×


ABSTRAK
Matsna Rochima F. K. C0913028. 2019. Perancangan Motif Bunga Anggrek Hitam Dengan Teknik Sulam Pada Tenun Lurik Yang Dibuat Dengan Alat Tenun Bukan Mesin Untuk Busana Convertible.
Perancangan ini dilakukan untuk menciptakan inovasi baru pada tenun lurik yang dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dengan upaya menambahkan motif Bunga Anggrek Hitam dengan teknik sulam pada permukaan kain sehingga dapat meningkatkan nilai estetis. Selama ini tenun lurik ATBM merupakan salah satu tekstil traditional yang sangat sederhana dikarenakan motif dari tenun lurik yang hanya terdiri dari garis vertikal dan horizontal. Hal tersebut menyebabkan keberadaan tenun lurik ATBM terancam punah digantikan oleh tekstil modern. Dilihat dari segi fesyen, penggunaan tenun lurik ATBM sebagai busana wanita masih belum terlalu modern.                                                                           
Perancangan ini bertujuan untuk mengangkat lurik sebagai salah satu alternatif mode yang akan dikembangkan menjadi sebuah kain yang lebih eksklusif. Metode yang diterapkan pada perancangan ini adalah metode perancangan desain permukaan atau surface design. Perancangan ini mengangkat ide motif bunga Anggrek Hitam sebagai motif utama pada permukaan kain yang diharapkan dapat memberikan kebaharuan pada tenun lurik ATBM. Hasil dari perancangan ini adalah busana convertible yang terbuat dari tenun lurik ATBM yang telah dikembangkan dengan teknik sulam menggunakan motif Anggrek Hitam.
Kata Kunci: Anggrek Hitam, lurik, sulam, busana convertible

 

 

×
Penulis Utama : Matsna Rochima F. K.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913028
Tahun : 2019
Judul : Perancangan Motif Bunga Anggrek Hitam Dengan Teknik Sulam Pada Tenun Lurik Yang Dibuat Dengan Alat Tenun Bukan Mesin Untuk Busana Convertible
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Seni Rupa dan Desain Jur. Desain Tekstil-C0913028-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Th. Widiastuti, M.Sn.
2. Ratna Endah Santoso, S.Sn., M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.