Penulis Utama : Nana Candra Nelawati
NIM / NIP : K8112048
×

ABSTRAK
Nana Candra Nelawati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK KELOMPOK B RA AS-SYAFI’IYAH JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiran Juwiring Klaten Tahun 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiran Juwiring Klaten yang berjumlah 18 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Validitas data penelitian ini meggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis yang digunakan antara lain dengan teknik analisis deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan model Make A Match. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 8 anak atau 44,5%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 11 anak (61,1%). Pada siklus II ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak mengalami peningkatan sebesar (72,2%) atau 13 anak. Pada siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 15 anak (83,3%).
Berdasarkan uraian di atas, maka simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiran Juwiring Klaten tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Huruf, Make A Match

 

×
Penulis Utama : Nana Candra Nelawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112048
Tahun : 2019
Judul : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PADA ANAK KELOMPOK B RA AS-SYAFI’IYAH JUWIRING KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend PG PAUD-K8112048-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Karsono, S.Sn, M.Sn
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.