Penulis Utama : Rasidi
NIM / NIP : D1115028
×

ABSTRAK

Rasidi. D1115028. Implementasi  Program E-Retribusi Pelayanan Pasar Dinas Perdagangan  Kota  Surakarta.  Skripsi.  Administrasi  Negara.  Fakultas  Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017.

Penelitian ini di latar belakangi dengan munculnya Program E-Retribusi di Pasar Tradisional  Kota Surakarta. E-Retribusi  ini merupakan Program  Pemerintah dalam penarikan retribusi yang dilakukan secara elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program E-Retribusi Pasar yang dilakukan Oleh Dinas Perdagangan Kota Surakarta.

Suatu Program dapat dilihat berhasil atau tidaknya tergantung pada implementasi   yang  telah  dilakukan.  Penelitian  ini  melihat  dari  aktivitas  yang dilakukan   oleh   Dinas   Perdagangan   dalam   mengimplementasikan   Program   E- Retribusi Pasar tersebut. Aktivitas tersebut meliputi : Organisasi, Interpretasi, dan Aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Untuk menjamin validitas data maka penulis menggunakan triangulasi data.

Hasil  dari  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  Implementasi  Program  E- Retribusi  Pasar  dapat  terlaksana  melalui  3  kelompok  aktivitas  yaitu  aktivitas organisasi, aktivitas interpretasi, dan aktivitas aplikasi. Pada aktivitas organisasi, kegiatan yang telah dilakukan Dinas Perdagangan yaitu seperti penentuan para implementator, penentuan anggaran dan penentuan kelompok sasaran. Lalu, dalam aktivitas interpretasi terdapat kegiatan sosialisasi internal dan eksternal. Namun, pada sosialisasi eksternal yang dilakukan masih dirasa kurang. Selanjutnya pada aktivitas aplikasi, Dinas Perdagangan telah menetapkan skema proses, alur, dan mekanisme serta dalam pemberian sarana dan prasarana dalam mendukung pelaksanaan Program E-Retribusi Pasar tersebut. Namun, ternyata dalam pelaksanaannya juga masih belum optimal dilakukan.  Karena masih ada pedagang  yang kurang kooperatif  dan pada penggunaan mesin tapping nya juga dirasa masih belum optimal dalam pengoperasiannya serta kurang dalam pengadaannya.


Kata Kunci : Implementasi, E-Retribusi Pasar, Dinas Perdagangan

×
Penulis Utama : Rasidi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115028
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Program E-Retribusi Pelayanan Pasar Dinas Perdagangan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Jur . Ilmu Administrasi Negara -D1115028 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bapak Herwan Parwiyanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.