Penulis Utama : Valencia Calista
NIM / NIP : I0313098
×

ABSTRAK
Valencia Calista, NIM : I0313098. PENILAIAN DAN USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA KANTOR/OFFICE PT. DHARMA HUSADA MANDIRI BERDASARKAN METODE 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE). Skripsi. Surakarta: Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, September 2019.
PT. Dharma Husada Mandiri (DHM) merupakan perusahaan berskala menengah yang sedang berkembang dalam bidang fashion. PT. DHM bergerak dalam bidang impor pakaian jadi dari Tiongkok yang didistribusikan dan dipasarkan ke berbagai kota-kota yang ada di Jawa Tengah. PT. DHM masih dalam tahap berkembang sehingga tingkat produktifitas yang tinggi dengan hasil kerja yang optimal menjadi tujuan utama dari perusahaan. Dalam meningkatkan produktifitas kerja secara terus-menerus maka perlu dilakukan perbaikan pada sistem kerja. Saat ini, sistem kerja pada PT. DHM dinilai kurang baik khususnya pada kantor/office. Adanya keluhan dari customer karena pengiriman barang yang tidak pasti, dan pembuatan nota yang memerlukan waktu rata-rata 2 jam karena harus mencari dan meneliti berkas-berkas seperti riwayat pesanan, stock barang habis, tagihan sebelumnya, dan harga terlebih dahulu. Kemudian printer yang digunakan juga mengalami error secara tiba-tiba. Namun, setelah dibersihkan, printer dapat digunakan kembali. Dapat dilihat bahwa kesadaran untuk menjaga dan menata tempat kerja masih sangat kecil karena tidak adanya sistem kerja yang mendukung, sehingga perlu dilakukannya perbaikan sistem kerja dengan menggunakan metode 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke). Metode tersebut diharapkan dapat menciptakan sistem kerja baru dengan memiliki tempat kerja yang bersih dan rapi serta adanya kesadaran  dan  kedisiplinan  karyawan dalam  bekerja di PT. DHM. Pada penelitian ini dibuatkannya model rancangan checklist yang digunakan untuk mengidentifikasi kondisi kantor/office PT. DHM berdasarkan metode 5S. Model rancangan tersebut dibuat dengan cara melakukan penggabungan dari tiga paper (referensi) untuk menghasilkan rancangan yang sesuai dengan PT. DHM. Penelitian ini menghasilkan pengelompokan peralatan dan barang berdasarkan kategori dan frekuensi pemakaian, membuat jadwal pembersihan, menerapkan program kebersihan, membuat bentuk visualisasi dan adanya sosialisasi mengenai pentingnya penerapan 5S di dalam perusahaan.

Kata kunci:  Sistem Kerja, Kantor, Metode 5S

 

×
Penulis Utama : Valencia Calista
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0313098
Tahun : 2019
Judul : PENILAIAN DAN USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA KANTOR/OFFICE PT. DHARMA HUSADA MANDIRI BERDASARKAN METODE 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Teknik, Jur Teknik Industri-I 0313098-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eko Liquiddanu, S.T., M.T.
2. Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini, MSIE
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.