Penulis Utama : Silsilia Umar Safey
NIM / NIP : H0813164
×

ABSTRAK


Manajemen sumber daya manusia yang baik merupakan salah satu kunci sukses tercapainya tujuan perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Kinerja karyawan adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Kuantitas dan kualitas kerja yang dihasilkan oleh setiap karyawan berbeda-beda, karena terdapat indikator-indikator motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi kinerja karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Agrofarm Nusa Raya, Ponorogo, Jawa Timur. Menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Mengetahui motivasi yang lebih dominan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT. Agrofarm Nusa Raya, Ponorogo, Jawa Timur.
Metode dasar penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive (sengaja). Penentuan sampel  menggunakan  teknik  penentuan sampel dengan pertimbangan khusus sehingga layak untuk dijadikan sampel  (purposive   sampling). Sampel yang digunakan yaitu karyawan divisi produksi PT. Agrofarm Nusa Raya dengan jumlah 44 orang karyawan. Jenis data yang digunakan adalah  data  primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, data pertanyaan, wawancara, pencatatan, dan dokumentasi. Pengukuran variabel menggunakan skala likert yang menghasilkan data ordinal kemudian di transformasikan ke data interval menggunakan Metode Suksesif Interval (MSI). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan variablel bebas yang terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik dan variabel terikat yaitu kinerja karyawan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kinerja karyawan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0> F tabel sebesar 3,437. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada taraf kepercayaan 95?ktor motivasi intrinsik, dan motivasi ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi intrinsik (X1) memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,690 ** ** dan t hitung sebesar 0,042. Faktor motivasi intrinsik secara individu tidak berpengaruh nyata terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi ekstrinsik (X2) memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,004**dan t hitung sebesar 3,086. Faktor motivasi ekstrinsik secara individu berpengaruh nyata terhadap kinerja karyawan. Sehingga motivasi ekstrinsik menjadi faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. 

×
Penulis Utama : Silsilia Umar Safey
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813164
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Motivasi (Intrinsik Dan Ekstrinsik)Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt. Agrofarm Nusa Raya Ponorogo, Jawa Timur).
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS PERTANIAN - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. Pertanian Prog. Agribisnis-H 0813164 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi M.P.
2. R.R. Aulia Qonita, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.