Penulis Utama : Aina Vahrina
NIM / NIP : C0914002
×

ABSTRAK
Aina Vahrina. C0914002. KAJIAN MOTIF WIJAYA KUSUMA PADA BATIK CILACAP. Skripsi: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kabupaten Cilacap memiliki motif batik khas yang menggambarkan potensi daerah, yaitu motif bunga Wijaya Kusuma. Motif ini sangat identik dengan Pulau Majeti, Nusakambangan, Kabupaten Cilacap sebagai tempat yang ditumbuhi bunga wijaya kusuma. Sejak puluhan tahun, motif bunga Wijaya Kusuma masih eksis hingga saat ini. Hal tersebut menarik untuk dikaji dari segi bentuk wujud motifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motif bunga Wijaya Kusuma dengan menjelaskan wujud atau penampakan visual menurut teori Djelantik dan teori penunjang pendekatan nilai ekonomi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik snowball sampling yang didukung oleh data dari narasumber, dokumen, tempat dan peristiwa dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan perekaman. Proses analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian berupa: 1) Penampakan visual motif utama, motif pendukung dan isen-isen pada corak Tirtotejo Ceplok Wijaya Kusuma, corak Kawung Wijaya Kusuma dan corak Truntum Wijaya Kusuma; 2) nilai ekonomi pada batik tersebut sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga maupun sebagai pembuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar.
Kata kunci: Penampakan Visual, Wijaya Kusuma, Batik Cilacap.

 

×
Penulis Utama : Aina Vahrina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914002
Tahun : 2019
Judul : KAJIAN MOTIF WIJAYA KUSUMA PADA BATIK CILACAP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : F. Seni Rupa dan Desain ,Studi Kriya Tekstil-C0914002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Theresia Widyastuti M.Sn.,
2. Darwoto S.Sn., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.