Penulis Utama : Ayun Ratnasari Putri
NIM / NIP : K7614013
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Marketing melalui pelaksanaan tindakan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media teka-teki silang di kelas X PM-2 SMK Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X PM-2 di SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, interview, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi.
Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketercapaian hasil belajar peserta didik aspek kognitif siklus I sebesar 74,29% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,29%. Aspek afektif, ketercapaian hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 75,71% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,57%. Aspek psikomotorik, ketercapaian hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 80,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,57%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media teka-teki silang pada mata pelajaran marketing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X PM-2 SMK Negeri 6 Surakarta pada semester II tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci : TGT (Teams Games Tournament), Teka-teki Silang, Hasil Belajar.

×
Penulis Utama : Ayun Ratnasari Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614013
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Berbantuan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Smk Negeri 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi-K7614013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.