Penulis Utama : Eva Evita
NIM / NIP : B0215061
×

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada fenomena orang tua yang kerap kali menerapkan pola asuh anak dari bahan bacaan yang tersebar di internet. Eufemisme dapat ditemukan dalam bahan bacaan tersebut, salah satu di antaranya adalah artikel. Hal ini disebabkan artikel parenting sering menyajikan informasi yang cukup sensitif berkaitan keadaan fisik serta psikologis seseorang. 
Permasalahan yang akan dijabarkan dalam penelitian ini adalah: (i) Bagaimana bentuk penggunaan eufemisme dalam artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com, (ii) Bagaimana fungsi eufemisme dalam artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com. 
Tujuan dari penelitian ini meliputi dua hal, yaitu: (i) mendeskripsikan bentuk penggunaan eufemisme dalam artikel parenting pada situs media daring  aura.tabloidbintang.com, dan (ii) Mendeskripsikan fungsi eufemisme dalam artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com. 
Data pada penelitian ini berbentuk kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com yang mengandung eufemisme. Sumber data yang digunakan adalah artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari – Maret 2018 dengan menggunakan metode simak dan dilengkapi teknik catat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik ganti. Penyajian hasil data dalam penelitian ini secara informal. 
Simpulan penelitian adalah: (i) Analisis bentuk eufemisme yang terdapat dalam artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com sebanyak enam bentuk, yaitu: bentuk ekspresi figuratif, flipansi, sirkumlokusi, singkatan (abbreviations), satu kata untuk menggantikan kata yang lain (one for substation), dan hiperbola dari 153 data. (ii) Fungsi eufemisme yang digunakan dalam artikel parenting pada situs media daring aura.tabloidbintang.com yaitu: menghindari
tabu, menghindari perasaan tidak nyaman, menghaluskan ucapan, alat pendidikan.  

Kata Kunci: Semantik, eufemisme, parenting

 

×
Penulis Utama : Eva Evita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215061
Tahun : 2020
Judul : Eufemisme Dalam Artikel “Parenting” Pada Situs Media Daring Aura.Tabloidbintang.Com
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi : 100 p.; ilus.; tab.; bib.; 28 cm
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya, Program Studi Sastra Indonesia-B0215061-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.