Penulis Utama : Dennisa Hayuningtyas Wulandari
NIM / NIP : K3315014
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa dan prestasi belajar siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan kartu redoks.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dari setiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian berasal dari wawancara, observasi, dan tes dengan teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan kartu redoks dapat meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi reaksi redoks. Interaksi sosial siswa pada siklus I sebesar 70,59%, pada siklus II meningkat menjadi 88%. Prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 56% meningkat pada siklus II menjadi 85,33%. Prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena sudah mencapai target ketuntasan, yaitu aspek sikap sebesar 88,2% dan aspek keterampilan sebesar 100%.

 

×
Penulis Utama : Dennisa Hayuningtyas Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315014
Tahun : 2019
Judul : Upaya Peningkatan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Kartu Redoks pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA-4 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3315014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.