Penulis Utama : Ade Purwati
NIM / NIP : K8115002
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan ibu sebagai orangtua tunggal karena perceraian terhadap pengaturan emosi anak usia 4-5 tahun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pola pengasuhan ibu sebagai orangtua tunggal, faktor-faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan dan dampak pola pengasuhan terhadap pengaturan emosi anak usia 4-5 tahun.
Pendekatan penelitian ini deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian berada di tiga lokasi yaitu Desa Ajibarang Wetan, Desa Purwodiningratan dan Desa Bolon. Sumber data yang digunakan yaitu ibu sebagai orangtua tunggal, anak dan guru anak. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rusmeiati dan Attiahana mengasuh anaknya dengan cara memberikan batasan waktu bermain, menekankan kemandirian dan selalu mengajak anak berdiskusi, termasuk dalam pola pengasuhan demokratis. Sedangkan Susisanti mengasuh anak dengan cara tidak membatasi anak dalam melakukan aktivitas dan cenderung memanjakan anak, termasuk dalam pola pengasuhan permisif. Faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan ibu sebagai orangtua tunggal dalam penelitian ini antara lain keterlibatan orangtua, agama (keyakinan), usia dan pendidikan orangtua serta pola pengasuhan orangtua sebelumnya. Dampak pola pengasuhan demokratis terhadap pengaturan emosi menyebabkan anak memiliki jiwa sosial yang tinggi dan memiliki pola pengaturan yang baik. Sedangkan pola pengasuhan permisif pada pengaturan emosi menyebabkan anak cenderung agresif dan memberontak ketika keinginannya tidak terpenuhi. Simpulan dari penelitian ini adalah pola pengasuhan demokratis menyebabkan pengaturan emosi anak menjadi baik dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sedangkan pola pengasuhan permisif menyebabkan anak menjadi agresif dan cenderung sulit diatur.

Kata Kunci : Pola Pengasuhan, Orangtua Tunggal, Emosi Anak

 

×
Penulis Utama : Ade Purwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115002
Tahun : 2019
Judul : Pola pengasuhan ibu sebagai orangtua tunggal karena perceraian terhadap pengaturan emosi anak usia 4-5 tahun (studi fenomenologi pada ibu sebagai orangtua tunggal karena perceraian)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Programm Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8115002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., MA.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.