Penulis Utama : Ahma Nur Aisyah
NIM / NIP : K8115003
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola pada anak kelompok A TKIT MTA Wonosari 1 melalui media realia. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu menemukan pola ABC-ABC, melanjutkan pola AABB-AABB, meniru pola ABBABB, dan menyalin pola ABBB-ABBB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TKIT MTA Wonosari 1 tahun ajaran 2018/2019. Jumlah anak kelompok A adalah 12 anak dengan 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif komparatif dan analisis kualitatif menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal konsep pola melalui media realia, yaitu persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 41,67%, peningkatan kemampuan mengenal konsep pola siklus I sebesar 58,33%, dan peningkatan pada siklus II sebesar 83,33%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui media realia dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola pada anak kelompok A TKIT MTA Wonosari 1 tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Konsep pola, media realia, anak kelompok A

 

×
Penulis Utama : Ahma Nur Aisyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115003
Tahun : 2019
Judul : Meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola melalui media realia pada anak kelompok A TKIT MTA Wonosari 1 tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Programm Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8115003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M. Pd,
2. Novita Eka Nurjanah, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.