Penulis Utama : Putri Cahya Suci
NIM / NIP : C0913040
×

Latar belakang pembuatan produk batik tulis dalam konteks pariwisata di Surakarta dalam proyek tugas akhir ini adalah menawarkan produk batik tulis dengan menggunakan bahan dasar kaos untuk kemeja sebagai cinderamata khas Kota Surakarta dengan menampilkan visual motif batik khas Surakarta sebagai wujud pelestarian batik. Perancangan ini diharapkan mampu menambah produk-produk dengan berbahan dasar kaos serta mengolah visual dengan motif khas Surakarta.

              Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan produk batik tulis dengan bahan dasar kaos dengan mengolah visual motif khas Surakarta untuk kemeja sebagai cinderamata khas Kota Surakarta. Selain itu, produk ini menampilkan visual kekinian dengan menggunakan warna-warna monokrom.

Hasilnya berupa delapan desain batik tulis yang bertemakan motif khas Surakarta. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah batik tulis dengan teknik pewarnaan tutup celup serta menggunakan zat warna sintetis yakni naptol. Bahan menggunakan kain kaos katun combed 20s, bahan tersebut mendukung untuk menampilkan visual kemeja serta bahan dipilih karena memiliki daya serap terhadap keringat, bahan dapat diproses dengan teknik batik tulis, dapat menyerap pewarna dengan baik.

×
Penulis Utama : Putri Cahya Suci
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913040
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Produk Batik Tulis dalam Konteks Pariwisata di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Kriya Tekstil-C0913040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.