Penulis Utama : Galang Rayna Prayoga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515033
Tahun : 2019
Judul : Studi eksperimental variasi desain waterblock dan Thermoelectric Cooler (TEC) terhadap energi listrik yang dihasilkan oleh meso combustor tipe vortex
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM)-K2515033-2019
Subyek : MICROPOWER GENERATOR, VARIASI WATERBLOCK, THERMOELECTRIC GENERATOR, COMBUSTOR VORTEX, STAINLESS STEEL 304
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Ledakan jumlah penduduk mengakibatkan peningkatan kebutuhan energi yang signifikan. Perubahan pola hidup seiring perkembangan jaman yang semakin maju menuntut terciptanya peralatan penyuplai energi listrik portable dan praktis. Micropower generator menjadi solusi yang tepat dalam menghasilkan listrik berskala micro yang memanfaatkan hasil pembakaran berskala milimeter menggunakan bahan bakar hidrokarbon, kemudian dikonversi dengan thermoelectric cooler (TEC). Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsep meso combustor vortex dari material stainless steel berpengaruh terhadap panas dan energi listrik yang dihasilkan dalam konversi energi pada berbagai variasi desain waterblock dan TEC.

Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu single waterblock TEC pendingin air dan coolant, double waterblock TEC pendingin air dan coolant dalam rangkaian paralel dan seri. TEC berfungsi sebagai modul konversi energi panas menjadi energi listrik, sehingga sistem kerjanya memanfaatkan waterblock untuk mencipakan perbedaan temperatur pada sisi panas dan dingin di kedua penampang TEC. Eksperimen dilakukan menggunakan combustor tipe vortex dengan material stainless steel 304 pada dimensi panjang 38 mm, lebar 38 mm dan tebal 14 mm serta proses burned region terjadi pada ukuran 6 mm serta menggunakan variasi waterblock dan TEC.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis material combustor stainless steel 304 berpengaruh terhadap temperatur dinding yang dihasilkan. Semakin tinggi konduktivitas thermal suatu material, Maka semakin tinggi pula temperatur dinding yang dihasilkan. Voltase yang paling baik dan tinggi terdapat pada variasi tipe E dengan double waterblock dan TEC pendingin air pada rangkaian seri dengan voltase rata-rata 6,02 volt.

Kata kunci: Micropower generator, variasi waterblock, thermoelectric generator, combustor vortex, stainless steel 304

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T
2. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP