Penulis Utama : Safrilia Syifa Dwi Aghnia
NIM / NIP : G0016192
×

Latar Belakang:  Mahasiswa merasa kesulitan dalam menguasai materi anatomi. Selain materi yang cukup banyak,  alokasi jam ajar anatomi semakin mengalami penurunan. Pemahaman yang tidak memadai mengenai anatomi dapat menyebabkan kesalahan dalam praktik klinis. Tujuan penelitian ini untuk membuat konsensus para ahli dan pengajar anatomi dari berbagai institusi di Indonesia mengenai tujuan pembelajaran materi anatomi sistem reproduksi wanita.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Delphi dua putaran. Subyek penelitian adalah 20 dosen anatomi yang berasal dari seluruh Indonesia yang dipilih melalui purposive sampling. Pada Delphi putaran pertama responden diminta untuk memilih domain kognitif lalu menyusun kalimat tujuan pembelajaran pada setiap poin materi inti anatomi. Pada Delphi putaran kedua responden memutuskan level penting atau tidak dengan Likert Scale. Level konsensus yang ditetapkan sebesar 60%.
 
Hasil: Delphi putaran pertama menghasilkan 43 tujuan pembelajaran dan Delphi putaran kedua menghasilkan 36 tujuan pembelajaran. Setelah dilakukan konsultasi dengan ahli dihasilkan 35 tujuan pembelajaran dengan domain kognitif antara C1 sampai C3.

Kesimpulan: Didapatkan 35 tujuan pembelajaran materi inti anatomi sistem reproduksi wanita

 

×
Penulis Utama : Safrilia Syifa Dwi Aghnia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016192
Tahun : 2019
Judul : Konsensus Dosen Anatomi Mengenai Tujuan Pembelajaran Anatomi Sistem Reproduksi Wanita untuk Mahasiswa Kedokteran
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0016192-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Munawaroh, dr., M.MedEd .
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.