Penulis Utama : Siswahyuni
NIM / NIP : K3315055
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil siswa kelas XI MIPA yang meliputi kemampuan berpikir logis, motivasi belajar, dan pemahaman materi asam basa level HOTS dengan pemodelan Rasch; (2) hubungan profil kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MIPA terhadap pemahaman materi asam basa pada level HOTS; (3) hubungan profil motivasi belajar siswa kelas XI MIPA terhadap pemahaman materi asam basa pada level HOTS dengan pemodelan Rasch di SMA Negeri 1 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni siswa yang sudah mempelajari materi asam basa.Teknik pengumpulan data dengan teknik tes untuk kemampuan berpikir logis dan pemahaman materi asam basa level HOTS dan teknik non tes untuk motivasi belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, pengkategorian data berdasarkan nilai logit dari hasil person measure pada program Ministeps. Selain itu akan dianalisis person fit dan scalogram pada program Minsteps.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) mayoritas siswa mempunyai kemampuan berpikir logis, motivasi belajar, dan pemahaman materi asam basa level HOTS tingkat sedang. (2) Hubungan kemampuan berpikir logis siswa terhadap pemahaman materi asam basa level HOTS adalah mayoritas siswa yang mempunyaipemahaman materi asam basa level HOTS tingkat sedang adalah siswa dengankemampuan berpikir logis tingkat sedang. (3) Hubungan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman materi asam basa level HOTS adalah mayoritas siswa yang mempunyai pemahaman materi asam basa level HOTS tingkat sedang adalah siswa yang mempunyai motivasi belajar tingkat sedang. Selain itu terdapat beberapa siswa yang misfit dan dapat dianalisis lebih lanjut melalui scalogram untuk melihat pola respon siswa dalam menjawab tes dan dalam mengisi angket motivasi belajar siswa.

×
Penulis Utama : Siswahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315055
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Logis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA Terhadap Pemahaman Materi Asam Basa Level Hots (Higher Ordered Thingking Skills) Menggunakan Pemodelan Rasch (Pembelajaran Materi Asam Basa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K3315055-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Susilowati, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.