Penulis Utama : Abdir Rohiim Sajida
NIM / NIP : F1116001
×


ABSTRAK


Efisiensi Teknis, Efisiensi Alokatif dan Efisiensi Biaya Pada Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia : Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA)

Abdir Rohiim Sajida
F1116001

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efisiensi teknis, efisiensi alokatif, dan efisiensi biaya bank pembangunan daerah (BPD) di Indonesia pada tahun 2015 sampai 2017. Jumlah BPD yang diteliti adalah sebanyak 27 unit. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu variable input beban tenaga kerja, dana pihak ketiga dan modal. Sedangkan variabel output adalah jumlah kredit yang diberikan dan surat berharga. Data tersebut berasal dari publikasi  OJK  dalam  website  www.ojk.co.id.  Metode  yang  digunakan  yakni pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA).
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat efisiensi teknis BPD di Indonesia selama tahun 2015-2017 cenderung konstan. Artinya bahwa BPD di Indonesia belum sepenuhnya efisien. Perhitungan efisiensi alokatif pada tahun
2015-2017 menunjukkan bahwa BPD di Indonesia cenderung mengalami penurunan. Hal tersebut ditunjukan bahwa hanya BPD BJB yang mencapai nilai efisiensi maksimal. Sementara itu, hasil perhitungan efisiensi biaya pada perode yang sama menjelaskan bahwa BPD di Indonesia cenderung konstan. Untuk itu, pemerintah daerah dan manajemen BPD sebaiknya membuat kebijakan yang berdampak pada meningkatnya aktivitas perbankan daerah sehingga dapat menghadapi persaingan global.


Kata Kunci : Efisiensi, BPD, DEA,

×
Penulis Utama : Abdir Rohiim Sajida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1116001
Tahun : 2019
Judul : Efisiensi Teknis, Efisiensi Alokatif Dan Efisiensi Biaya pada Bank Pembangunan Daerah Di Indonesia : Pendekatan Data Envelopment Analysis (Dea)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur . Ekonomi Pembangunan - F1116001- 2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Malik Cahyadin, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.