Penulis Utama : Nandina Happy Pratiwi
NIM / NIP : K5415040
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persebaran Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen Tahun 2019. (2) pemenuhan sarana dan prasarana Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen Tahun 2019. (3) cakupan wilayah layanan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen Tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Sempor dengan teknik sampling jenuh. Pengambilan data domisili peserta didik menggunakan purposive sampling.    Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi lapangan, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sekunder dan perhitungan besar interaksi antar desa menggunakan rumus model gravitasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) terdapat 41 SDN yang tersebar dalam 16 desa di Kecamatan Sempor. Tiap desa terdapat 1 sampai 4 unit SDN. Lokasi Sekolah Dasar Negeri didirikan di permukiman penduduk. Persebaran SDN yang lebih padat berada di desa yang topografinya berupa dataran dan dekat dengan pusat   pemerintahan   kecamatan   dari   pada   desa   yang   topografinya   berupa
pegunungan. (2) pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan SDN dibagi menjadi
3 kelas. Pemenuhan sarana pendidikan kelas sangat memenuhi terdapat 7 SDN, kelas memenuhi terdapat 31 SDN, dan kurang memenuhi terdapat 3 SDN. Pemenuhan prasarana pendidikan kelas sangat memenuhi terdapat 11 SDN, kelas memenuhi terdapat 12 SDN, dan kelas kurang memenuhi terdapat 18 SDN. (3) cakupan wilayah layanan setempat sebanyak 18 SDN (44%) dan cakupan wilayah layanan antar desa sebanyak 23 SDN (56%).


Kata Kunci : sarana dan prasarana, cakupan wilayah layanan, sekolah dasar negeri

×
Penulis Utama : Nandina Happy Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5415040
Tahun : 2019
Judul : Analisis cakupan wilayah layanan serta pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dasar negeri di kecamatan Sempor kabupaten Kebumen tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5415040-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd
2. Gentur Adi Tjahjono, S.Si, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.