Penulis Utama : Wahyu Kurniawan
NIM / NIP : I0715035
×

ABSTRAK

Kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan mentracking orang merupakan komponen utama dari sistem pengawasan cerdas atau intelligent surveillance system (ISS). ISS dapat secara otomatis menganalisa data dari kamera pengawas dengan tingkat campur tangan manusia yang rendah. Pada tugas akhir ini, metode deteksi dan tracking orang yang handal akan diimplementasikan untuk sistem pengawasan publik. Metode yang digunakan untuk foreground-background segmentation antara lain menggunakan metode mixture of Gaussians (MOG dan MOG2), dan metode geometric multigrid (GMG). Sedangkan metode untuk melakukan deteksi orang adalah metode histogram of oriented gradients (HOG), dan metode Haar cascade. Selanjutnya untuk melakukan people tracking digunakan metode multi object tracking (MOT), metode meanshift, dan metode camshift. Metode-metode tersebut diuji pada pada sistem closed circuit television (CCTV) di fakultas teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Metode terbaik yang telah diuji untuk melakukan deteksi orang adalah metode Haar cascade dengan tingkat akurasi mencapai 68%, dan metode terbaik untuk melakukan people tracking adalah metode camshift dengan tingkat akurasi mencapai 92%.

Kata kunci : Intelligent surveillance system (ISS), people tracking, closed circuit television (CCTV), dan fakultas teknik UNS.

 

×
Penulis Utama : Wahyu Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0715035
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Metode People Tracking untuk Sistem Pengawasan Cerdas di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Elektro
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Prodi. Teknik Elektro - I0715035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Meiyanto Eko Sulistyo, S.T., M.Eng.
2. Sutrisno, S.T., M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.